Kilatnews.com http://kilatnews.com Portal Berita Cerdas dan Transparan Fri, 13 Jul 2018 06:09:31 +0000 en-US hourly 1 117119028 Ditjen PDASHL Resmikan Desa Cilampuyang Garut Sebagai Desa RHL Berbasis DAS http://kilatnews.com/2018/07/13/ditjen-pdashl-resmikan-desa-cilampuyang-garut-sebagai-desa-rhl-berbasis-das/ http://kilatnews.com/2018/07/13/ditjen-pdashl-resmikan-desa-cilampuyang-garut-sebagai-desa-rhl-berbasis-das/#respond Fri, 13 Jul 2018 06:09:31 +0000 http://kilatnews.com/?p=18936 Kilatnews.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK) melalui Ditjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL), Ida Bagus Putera Parthama resmi membuka lounching model Desa RHL berbasis DAS. Desa Cilampuyang Garut diinisiasi oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy menjadi Desa percontohan sebagai Desa RHL berbasis DAS. Acara lounching […]

The post Ditjen PDASHL Resmikan Desa Cilampuyang Garut Sebagai Desa RHL Berbasis DAS appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK) melalui Ditjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL), Ida Bagus Putera Parthama resmi membuka lounching model Desa RHL berbasis DAS. Desa Cilampuyang Garut diinisiasi oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy menjadi Desa percontohan sebagai Desa RHL berbasis DAS.

Acara lounching tersebut dihadiri oleh Ditjen PDASHL, Bupati Garut, Danrem serta Dandim dan Perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Kepala ADM KPH Garut, kemudian Camat dan Kepala Desa serta masyarakat dan perguruan tinggi.

Menurut Ditjen PDASHL, Dr. Ir. Ida Bagus Putera Parthama M,Sc mengatakan bahwa Garut merupakan wilayah yang subur dan indah tetapi rawan bencana seperti yang telah kita ketahui sebelumnya. Desa memang kunci sebagai terlaksananya rehabilitasi hutan dan lahan ini, kami berharap lounching ini menjadikan model desa berbasis das bisa berkembang di desa desa lainnya.

Disinggung mengenai tanah, luas lahan indonesia mencapai 180 juta ha. Lahan indonesia memang luas tapi karena dibagi dengan penduduk maka lahan tersebut menjadi sedikit. Dirjen minta lahan kritis yang kurang harus diperbaiki lagi. Lounching desa rhl berbasis das ini supaya menjadi percontohan bagi desa desa lain.

Pengembangan desa ini juga sejalan dengan arahan presiden bahwa pembangunan itu digalakan dari wilayah pinggiran atau desa. Manfaat dari rhl antara lain sebagai pengentasan peubahan iklim atau mengurangi pemanasan global. Sebagai komitmen terhadap negara lain, sekarang ini Indonesia telah menurunkan sebesar 29 persen. Dengan melakukan rhl maka kita termasuk ikut mencanangkan dalam penurunan pemanasan global ini.

Disamping itu juga pada kata sambutan Launching model Desa RHL(rehabilitasi hutan lindung) berbasis DAS di Desa Cilampuyang kecamatan Malambong Kabupaten Garut Rabu (11/7), Bupati Garut, Rudi Gunawan memaparkan bahwa keadaan hutan di Kabupaten Garut harus mendapat perhatian yang seksama, karena semakin sempit lahan-lahan yang bisa dijadikan lahan produktif di kabupaten garut.

Dicontohkan Rudi, saat dirinya sangat kaget saat pergi ke Amerika, dia mendapatkan data yang akurat, bahwa tanah di pulau jawa hanya bisa menampung curah air hujan 60 mili liter air setiap harinya, jadi kalau lebih dari itu akan mengalami banjir, longsor dan lain-lain. Itu menurut ovometer.

Ditambahkannya, Kabupaten Garut memiliki 21 hutan lindung dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) harus ada penguatan tidak boleh ada kawasan yang bebas didalam kawasan fungsi hutan lindung.

“Sudah dikonfirmasika bahwa sekitar 421 Desa di Kabupaten Garut ini, akan diwajibkan untuk membuat RHL berbasis DAS yang anggarannya dari APBD,”ujar Rudi kepada wartawan saat di wawancara usai acara Lounching Desa RHL berbasis DAS, Rabu, (11/7). “Kalau tidak begitu, habis lah air. Kita tidak akan memiliki air,”tambahnya.

Sementara pada kesempatan yang sama perwakilan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jabar oleh kepala bidang RHL, Dedi S mengatakan lahan kritis di Jabar berdasarkan keputusan gubernur Jabar tahun 2013 seluas 342900 ha. Oleh karena itu pihaknya mengapresiasi dengan adanya model Desa Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) ini bisa membantu melaksanakan rehabitasi lahan kritis.

Model desa RHL berbasis DAS ini merupakan suatu Desa percontohan rehabilitasi hutan dan lahan dan merupakan upaya perbaikan lingkungan DAS dari segi sosial, budaya, serta ekonomi masyarakat. “Dibangunnya Desa RHL ini sebagai contoh Desa yang berbasis DAS dalam rehabilitasi hutan dan lahan dan akan menjadi motivasi bagi kehutanan di wilayah Jawa Barat untuk mengembangkan Desa RHL berbasis DAS,”ungkap Dedi saat memberikan sambutannya pada acara lounching Desa RHL berbasis DAS di Desa Cilampuyang, Rabu, (11/7). (Uwo)

The post Ditjen PDASHL Resmikan Desa Cilampuyang Garut Sebagai Desa RHL Berbasis DAS appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/07/13/ditjen-pdashl-resmikan-desa-cilampuyang-garut-sebagai-desa-rhl-berbasis-das/feed/ 0 18936
BPDASHL Cimanuk-Citanduy Gagas Model Desa RHL Berbasis DAS http://kilatnews.com/2018/07/13/bpdashl-cimanuk-citanduy-gagas-model-desa-rhl-berbasis-das/ http://kilatnews.com/2018/07/13/bpdashl-cimanuk-citanduy-gagas-model-desa-rhl-berbasis-das/#respond Fri, 13 Jul 2018 05:57:14 +0000 http://kilatnews.com/?p=18933 Kilatnews.com – Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy menggelar launching model Desa RHL berbasis DAS, di Desa Cilampuyang Malangbong Garut, Rabu (11/7). Desa Cilampuyang menjadi Desa RHL berbasis DAS ini digagas BPDASHL Cimanuk-Citanduy yang mana kedepanya menjadi desa percontohan bagi desa desa lainnya. Acara tersebut dihadiri oleh Ditjen PDASHL, Bupati Garut, […]

The post BPDASHL Cimanuk-Citanduy Gagas Model Desa RHL Berbasis DAS appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy menggelar launching model Desa RHL berbasis DAS, di Desa Cilampuyang Malangbong Garut, Rabu (11/7). Desa Cilampuyang menjadi Desa RHL berbasis DAS ini digagas BPDASHL Cimanuk-Citanduy yang mana kedepanya menjadi desa percontohan bagi desa desa lainnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Ditjen PDASHL, Bupati Garut, Danrem serta Dandim dan Perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Kepala ADM KPH Garut, kemudian Camat dan Kepala Desa serta masyarakat dan perguruan tinggi.

Kepala BPDASHL Cimanuk- Citanduy, Ir Dodi Susanto, MP dalam sambutannya mengatakan lahan kritis di BPDASHL Cimanuk-Citanduy masih cukup tinggi seiring dengan meningkatnya gangguan hutan lahan yang diakibatkan oleh praktek pengelolaan lahan yang kurang memperhatikan kaedah konservasi tanah.

Dodi menambahkan salah satu indikasi terjadinya degradasi lahan ini antara lain terdapatnya luas lahan kritis yang cukup tinggi terjadinya erosi, sedimentasi dan land of di beberapa tempat ketika musim hujan terjadi banjir. Sehingga secara keseluruhan BPDASHL Cimanuk-Citanduy yang membentang dari Garut sampai Indramayu ini membuktikan kinerja DASnya kurang baik.

Memperhatikan kondisi tersebut diatas, lanjut Dodi mengatakan, maka perlu adanya upaya Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) serta pengembangan fungsi daerah aliran sungai secara optimal dengan memulihkan kembali dan meningkatkan daya dukung lahan hutan dan tanaman.

Untuk diketahui Desa Cilampuyang yang menjadi sasaran pengembangan Desa RHL memiliki luas 1470 ha yang mana dalam pengembangan lahannya didominasi oleh pertanian dan perkebunan lahan kering. Secara geografis Desa Cilampuyang secara hidrologisnya berada di daerah hulu Cimanuk dan berfungsi sebagai daerah tangkapan hujan atau resapan air yang aktif serta sebagai tempat pertanian rakyat.

Dodi mengungkapkan berdasarkan penjabaran analisis tersebut BPDASHL Cimanuk-Citanduy menginisiasi Desa Cilampuyang ini sebagai Desa RHL antaralain Desa Cilampuyang ini cukup strategi dan memiliki tempat wisata salah satunya Curug Parigi disamping itu juga masyarakat disini sangat mendukung dari segi pertanian.

“Selain potensi tersebut diatas di Desa Cilampuyang ini, pihak BPDASHL Cimanuk-Citanduy sedang mengembangkan Bale Informasi RHL. Dengan tujuan memberikan informasi mengenai RHL. Disamping itu juga di Desa Cilampuyang ini telah di lakukan sebagai tempat pelatihan ataupun PKL dari tingkat perguruan tinggi dan sekolah menengah atas. Ada dari Universitas Pertanian UNPAD dan Sekolah Menengah Kejuruan dari Samarinda,”ungkap Dodi

Tambah Dodi memaparkan, saat ini juga di desa ini telah dikembangkan dan dilakukan kegiatan-kegiatan salah satunya telah dibangun 1 unit agro forestri perlindungan mata air, 1 unit agro forestri kanan kiri sungai dengan membuat penanaman bambu, 1 unit embung, dam penahan, galiplah, 4 unit pendeteksi erosi. Kemudian tempat persemaian. “Dari 1470 ha 30 persennya masuk kedalam lahan kritis,”paparnya

Diakhir sambutannya Dodi mengungkapkan, bahwa BPDASHL Cimanuk-Citanduy sendiri telah menyusun grand desain desa RHL yang bekerjasama dengan fakultas pertanian unpad. Kedepannya BPDASHL Cimanuk-Citanduy minta dukungan dari pemerintah garut untuk meningkatkan kualitas tanah dan air berbasis DAS dan mengoptimalkan pertanian berbasis DAS. (Uwo)

The post BPDASHL Cimanuk-Citanduy Gagas Model Desa RHL Berbasis DAS appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/07/13/bpdashl-cimanuk-citanduy-gagas-model-desa-rhl-berbasis-das/feed/ 0 18933
Resmi Ditutup, Pendaftaran PPDB SMP Negeri Kota Cimahi Menyisakan Banyak Masalah http://kilatnews.com/2018/07/07/resmi-ditutup-pendaftaran-ppdb-smp-negeri-kota-cimahi-menyisakan-banyak-masalah/ http://kilatnews.com/2018/07/07/resmi-ditutup-pendaftaran-ppdb-smp-negeri-kota-cimahi-menyisakan-banyak-masalah/#respond Sat, 07 Jul 2018 09:28:55 +0000 http://kilatnews.com/?p=18929 Kilatnews.com – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri jalur radius zonasi di Kota Cimahi resmi ditutup, Jumat (6/7/2018) pukul 14.00 WIB. Namun masih menyisakan sejumlah permasalahan didalamnya. Masyarakat kota Cimahi kecewa hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Hal tersebut disebabkan adanya indikasi mempermainkan hasil seleksi. Sehingga calon siswa yang memenuhi syarat […]

The post Resmi Ditutup, Pendaftaran PPDB SMP Negeri Kota Cimahi Menyisakan Banyak Masalah appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri jalur radius zonasi di Kota Cimahi resmi ditutup, Jumat (6/7/2018) pukul 14.00 WIB. Namun masih menyisakan sejumlah permasalahan didalamnya.

Masyarakat kota Cimahi kecewa hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Hal tersebut disebabkan adanya indikasi mempermainkan hasil seleksi. Sehingga calon siswa yang memenuhi syarat diterima, jadi terlempar dari sekolah yang dituju.

Normalina Megawantie (42), salah seorang orangtua siswa yang sedang mendaftarkan anaknya ke SMP Negeri 1 Cimahi mengeluhkan rumitnya pelaksanaan PPDB online menggunakan sistem zonasi.

Ia mempertanyakan sistem zonasi yang menurutnya tidak adil karena hanya mempertimbangkan jarak terdekat rumah siswa dengan sekolah tanpa mempertimbangkan nilai anak.

“Di sini tidak fair, selain nilai jarak zonasi yang tinggi,  pengukuran jarak tidak valid, serta dimasukannya nilai prestasi ke dalam jalur zonasi sangat tidak berkeadilan.” ujarnya kepada wartawan, Sabtu, (7/7/2018).

Sebelumnya ia mempertanyakan jumlah daya tampung SMP Negeri 1 kota Cimahi dimana tahun sebelumnya mencapai 360 siswa, tetapi kuota seleksi jalur zonasi untuk tahun ini hanya 176. Sangat bertentangan dengan aturan dan prosedur PPDB kota Cimahi.  Dia menilai wajar adanya kecurigaan atas kecurangan oleh pihak pelaksana PPDB.

“Coba buka aturan PPDB online poin (7) tertera kuota Jalur zonasi ditetapkan paling sedikit 90% dengan rincian radius zona paling sedikit 55%, radius zona daerah perbatasan paling banyak 5%, dan jalur afirmasi paling banyak 30% dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima, kepada panitia saya tanyakan pada hari pertama pembukaan pendaftaran sebelumnya menyebutkan kuota 211 sampai akhirnya menjadi 176, ini jelas sisa kuota ada yang dipermainkan dan disembunyikan”. Imbuhnya.

Sebagai orang tua siswa dan bagian dari masyarakat kota Cimahi, pihaknya menilai jika sistem zonasi haknya memperoleh pelayanan pendidikan yang baik sudah terampas.

“Kami orang tua siswa sangat peduli akan pendidikan, peduli pemerataan kualitas pendidikan seperti yang digalakkan oleh pemerintah. Namun jika tidak disertai pemerataan kualitas guru, sarana dan fasilitas pendidikan tidak merata, tetap yang terjadi adalah praktik-praktik kolusi, manipulasi dan suap masih akan terjadi. Sudah bukan rahasia lagi oknum-oknum sekolah yang masih menjual belikan bangku sekolah. Saya pantau PPDB Online di beberapa sekolah, contoh saat ini siswa “A” yang telah terlempar di hari-hari awal, tiba-tiba muncul di hari berikutnya.” tegasnya.

Dia menambahkan, dengan sistem zonasi tidak bisa bikin sekolah jadi merata dan berkualitas. Hal lainnya (Faktor) prestasi, masih banyak yang dadakan memaksakan diri untuk memperoleh piagam sebagai penambah nilai, padahal NEM biasa-biasa saja sementara bakat anak masing-masing (berbeda), sementara aturan menjelaskan jika prestasi yang dimiliki adalah kurun waktu 3 (tiga) tahun.

Dengan sistem zonasi saat ini, apa yang diusahakan orang tua dan siswa yaitu mencapai prestasi yang baik di sekolah pada akhirnya dianggap percuma karena yang dicari kedekatan dengan sekolah.

“Ekstrimnya berarti harus pindah KK (kartu keluarga) maksimal 300 meter, jadi tidak perlu prestasi, yang penting lulus. Itu kekecewaan saya dan anak saya.” pungkasnya. (Asp/Uwo)

The post Resmi Ditutup, Pendaftaran PPDB SMP Negeri Kota Cimahi Menyisakan Banyak Masalah appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/07/07/resmi-ditutup-pendaftaran-ppdb-smp-negeri-kota-cimahi-menyisakan-banyak-masalah/feed/ 0 18929
Sukseskan Rembuk Nasional, Aktivis 98 Jabar Siap Berangkatkan 10 Ribu Aktivis Ke Jakarta http://kilatnews.com/2018/06/26/sukseskan-rembuk-nasional-aktivis-98-jabar-siap-berangkatkan-10-ribu-aktivis-ke-jakarta/ http://kilatnews.com/2018/06/26/sukseskan-rembuk-nasional-aktivis-98-jabar-siap-berangkatkan-10-ribu-aktivis-ke-jakarta/#respond Tue, 26 Jun 2018 13:01:12 +0000 http://kilatnews.com/?p=18925 Kilatnews.com – Puluhan Aktivis 98 Jawa Barat berkumpul meyusun tim kerja dalam rangka rembuk nasional yang akan digelar 7 Juli 2018 di lapangan Monas Jakarta. Rafael Situmorang, mewakili aktivis 98 Jawa Barat menegaskan jika pihaknya saat ini tengah mempersiapkan dan mengajakan segenap lapisan masyarakat di Jawa Barat untuk turut andil bersama-sama dalam menyukseskan acara tersebut. […]

The post Sukseskan Rembuk Nasional, Aktivis 98 Jabar Siap Berangkatkan 10 Ribu Aktivis Ke Jakarta appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Puluhan Aktivis 98 Jawa Barat berkumpul meyusun tim kerja dalam rangka rembuk nasional yang akan digelar 7 Juli 2018 di lapangan Monas Jakarta.

Rafael Situmorang, mewakili aktivis 98 Jawa Barat menegaskan jika pihaknya saat ini tengah mempersiapkan dan mengajakan segenap lapisan masyarakat di Jawa Barat untuk turut andil bersama-sama dalam menyukseskan acara tersebut.

Sebagaimana diketahui, Aktivis 98 akan berkumpul dalam rangka rembuk nasional yang akan dihadiri 50 ribu aktivis. Mereka akan membuat gebrakan baru dimana Indonesia saat ini dihadapkan pada intoleransi dan masalah kebangsaan lainnya yang berasal dari luar. Selain membahas isu-isu intoleransi, radikalisme dan terorisme, mereka juga akan mendesak pemerintah menuntaskan kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu.

“Setidaknya lebih dari 10 ribu aktivis dari jawa barat akan berangkat ke Jakarta. Kita sudah persiapkan 200 bus dan akan diberangkat disetiap kota jawa barat menuju Jakarta,” ungkap Rafael Situmorang, saat konprensi pers Café Aku.Sisi.Kopi, di Jl Jakarta No.20-22, Bandung, Selasa (26/6).

Rafael Menambahkan, aktivis 98 turun gunung karena melihat kondisi demokrasi di negara ini kian tidak tentu terutama sejak maraknya aksi-aksi radikalisme, terorisme, intoleransi.

Untuk, ujar Rafael aktivis 98 kembali berhimpun agar bisa menegaskan kembali cita-cita reformasi, sistem yang memberi kesetaraan dan kesempatan yang sama bagi seluruh anak bangsa di segala bidang dari Sabang sampai Merauke.

“Dari Miangas sampai pulau Rote tanpa membeda bedakan SARA,” imbuhnya.

Dalam rembuk nasional nanti, kata Rafael aktivis 98 Jawa Barat akan mengusulkan kepada presiden Joko Widodo yang berencana hadir untuk dijadikan sebagai Hari Bhineka Tunggal Ika, agar moment rembuk nasional tersebut bisa dijadikan hari bersejarah.

“Kita akan mengusulkan 7 Juli sebagai hari Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Hari Bhinneka Tunggal Ika dijadikan diusulkan aktivis 98 sebagai hari nasional karena saat ini semangat kebhinnekaan tampaknya mulai karam, oleh karena itu semangat tersebut harus terus digelorakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Agar bisa diperingati sebagai prinsip negara yang menghormati keberagaman dan perbedaan dalam satu bingkai NKRI,” pungkasnya.

Rembuk Nasional Aktivis 98 itu sendiri diperkirakan akan dihadiri 50 ribu aktivis dari seluruh provinsi di Indonesia. Jawa barat sendiri akan hadir aktivis PENA 98, FA 98 Jabar, Repdem Jabar, Seknas, Barkowi, Bejo, Rih, IL9, Bara Jp, RDBN, Ctm.

Panitia juga mengundang tokoh-tokoh nasional mulai dari menteri hingga presiden, tokoh tokoh agama, anggota DPR, tokoh-tokoh masyarakat, artis artis dll. (Uwo)

The post Sukseskan Rembuk Nasional, Aktivis 98 Jabar Siap Berangkatkan 10 Ribu Aktivis Ke Jakarta appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/06/26/sukseskan-rembuk-nasional-aktivis-98-jabar-siap-berangkatkan-10-ribu-aktivis-ke-jakarta/feed/ 0 18925
Ibu Rumah Tangga dan Generasi Muda Program Anton Charliyan Cawagub Jabar yang Masuk Hingga Rumah-rumah Publik http://kilatnews.com/2018/06/24/ibu-rumah-tangga-dan-generasi-muda-program-anton-charliyan-cawagub-jabar-yang-masuk-hingga-rumah-rumah-publik/ http://kilatnews.com/2018/06/24/ibu-rumah-tangga-dan-generasi-muda-program-anton-charliyan-cawagub-jabar-yang-masuk-hingga-rumah-rumah-publik/#respond Sun, 24 Jun 2018 10:30:52 +0000 http://kilatnews.com/?p=18916 Kilatnews.com – Seluruh kontestan telah memaparkan program-prgramnya dalam gelaran Pilgub Jabar 2018. Pastinya tidak ada program yang tidak baik, hanya apakah program tersebut sesuai atau tidak, khayalan atau kenyataan, menyentuh seluruh masyarakat atau hanya sebagian, aspek itulah yang sebaiknya kita cermati sebagai masyarakat yang memilih pemimpin bagi Jawa Barat ke depan. Dari sekian tampilan para […]

The post Ibu Rumah Tangga dan Generasi Muda Program Anton Charliyan Cawagub Jabar yang Masuk Hingga Rumah-rumah Publik appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Seluruh kontestan telah memaparkan program-prgramnya dalam gelaran Pilgub Jabar 2018. Pastinya tidak ada program yang tidak baik, hanya apakah program tersebut sesuai atau tidak, khayalan atau kenyataan, menyentuh seluruh masyarakat atau hanya sebagian, aspek itulah yang sebaiknya kita cermati sebagai masyarakat yang memilih pemimpin bagi Jawa Barat ke depan.
Dari sekian tampilan para kandidat terutama dalam beberapa debat publik, kandidat Cawagub Hasanah (nomor 2) Anton Charliyan cukup mendapat respon publik karena programnya dianggap “renyah” mudah dipahami, tidak utopis (mengkhayal) sehingga dapat diwujudkan, serta unik karena menggunakan istilah-istilah yang merakyat.

Saat dikonfirmasi oleh awak media, figur Jenderal yang selalu tampil santai ini menjawab dengan sederhana, yaitu bahwa program dalam bidang seperti pendidikan, SDM, infrastrukur, dan yang setara dengan itu selayaknya berorientasi pada kesejahteraan publik, tidak hanya artifisial (kemegahan) apalagi utopis. Diluar bidang tersebut, orientasinya harus pada stabilitas masyarakat serta wilayah, seperti program dalam bidang agama, kesehatan, kemanan.

Secara khusus Anton Charliyan memberi penekanan pada program yang langsung menyentuh masyarakat yang bahkan penetrasinya hingga masuk pada rumah-rumah publik, yaitu program bagi ibu rumah tangga dan generasi muda.

Ambuproduk.com Bagi Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga dalam pandangan Kang Anton merupakan suatu profesi yang sangat mulia dan cukup berat. Menurutnya ketika seorang perempuan memilih menjadi ibu rumah tangga sesungguhnya seolah dia telah “menihilkan” dirinya atau ego dalam hidupnya hanya untuk mengabdi pada suami dan anak semata. Pedahal bisa jadi sang perempuan tersebut memiliki potensi atau hobby yang sebenarnya dapat menjadikannya seorang individu yang produktif atau berhasil dalam suatu profesi.

Atas alasan itu Kang Anton akan memberikan program khusus bagi para ibu rumah tangga di Jawa Barat agar dapat tetap ekspresif menyalurkan potensi serta hobbynya. Dari program yang melatih para ibu rumah tangga, fasilitas modal, hingga pemasaran akan difasilitasi oleh pemerintah melalui ambuproduk.com ini.

Setiap ibu rumah tangga yang mempunyai kreasi menjahit, melukis, handycraft, menulis (cerpen, novel, dll) dapat dimuarakan di ambuproduk.com sebagai kanal untuk berbagi relasi dan market/pemasaran dari produktivitas para ibu rumah tangga.

“Hal ini saya yakini akan memberi nilai tambah dan peningkatan pada kesejahteraan keluarga. Selain merupakan bukti kita dalam memuliakan para ibu”, ucap Kang Anton.

Generasi Muda

Saat ini menurut Kang Anton generasi muda seringkali ditampilkan atau dicitrakan dengan hal-hal yang banyak bersifat negasi. Bahkan hingga penggunaan terminologi (bahasa) untuk generasi muda seringkali menyudutkan mereka.

“Banyak hal positif dari generasi muda yang kurang ditampilkan pada publik, akan lebih baik yang positif tersebut yang diprioritaskan dimunculkan di media dan di dalam program kepada publik. Lebih baik mereka mendengar, melihat, dan merasakan yang baik serta positif saja”, ujar Anton Carliyan.

“Generasi muda harus kita pandang sebagai suatu investasi. Mereka dalam fase usia yang resisten dalam mencari jati diri. Kita selayaknyalah menginternalisasi mereka agar menyadari bahwa masa depan bangsa ada di tangan mereka. Diperlukan program yang melatih keterampilan serta mendoktrin mereka sehingga mental, semangat, dan sugesti mereka kuat. Dalam ilustrasi bahkan hingga jika kita tanyakan kepada mereka tentang siapa mereka, maka dengan bangga mereka akan menjawab kami adalah masa depan bangsa“, ucap Kang Anton menambahkan.

Dari paparan secara khusus (mikro) di atas, Kang Anton juga cukup memberi penekanan pada konteks yang sifatnya universal, yaitu tentang radikalisme yang saat ini seringkali dikorelasikan dengan agama tertentu dan dibenturkan kepada negara.

Anton Charliyan yang tampil secara mengejutkan dalam debat publik terakhir, dimana beliau selalu mampu merespon segala hal dengan falsafah agamis, menyatakan dengan sangat tegas bahwa radikalisme itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan agama. Hal tersebut motifnya adalah rongrongan terhadap negara dengan menggunakan agama sebagai tameng.

“Kita sebagai mayoritas diuji toleransi kita dalam bernasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Mari seluruhnya kita bersama beriringan menepis segala hal yang merugikan kebersamaan kita dalam bermasyarakat dan bernegara inu”, imbuh Anton Charliyan mengajak kepada seluruh masyarakat.

(Giri Muhammad Qudrat/Uwo)

The post Ibu Rumah Tangga dan Generasi Muda Program Anton Charliyan Cawagub Jabar yang Masuk Hingga Rumah-rumah Publik appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/06/24/ibu-rumah-tangga-dan-generasi-muda-program-anton-charliyan-cawagub-jabar-yang-masuk-hingga-rumah-rumah-publik/feed/ 0 18916
Angkatan 93 SMA N 4 Cimahi Gelar Reuni Perak http://kilatnews.com/2018/06/23/angkatan-93-sma-n-4-cimahi-gelar-reuni-perak/ http://kilatnews.com/2018/06/23/angkatan-93-sma-n-4-cimahi-gelar-reuni-perak/#respond Sat, 23 Jun 2018 10:34:41 +0000 http://kilatnews.com/?p=18913 Kiklatnews.com – SMA Negeri 4 Cimahi merupakan sekolah pemekaran dari SMA Negeri 2 Cimahi, yang pada tahun 1992 berdiri sendiri. Dari tahun ke tahun SMA Negeri 4 Cimahi berbenah diri, dimulai dari peningkatan mutu pendidikan dan keprofesionalitas tenaga pengajar, serta pengadaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang mutu pendidikan. SMA Negeri 4 Cimahi saat ini […]

The post Angkatan 93 SMA N 4 Cimahi Gelar Reuni Perak appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kiklatnews.com – SMA Negeri 4 Cimahi merupakan sekolah pemekaran dari SMA Negeri 2 Cimahi, yang pada tahun 1992 berdiri sendiri. Dari tahun ke tahun SMA Negeri 4 Cimahi berbenah diri, dimulai dari peningkatan mutu pendidikan dan keprofesionalitas tenaga pengajar, serta pengadaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang mutu pendidikan.

SMA Negeri 4 Cimahi saat ini telah melahirkan beberapa alumni, diantaranya alumni angkatan 1993 yang saat ini telah menginjak usia 25 tahun. Oleh karena alumni angkatan 1993 untuk meningkatkan silaturahmi menggelar reuni perak dengan rangkaian kegiatan bakti sekolah, bakti guru dan persembahan terbaik buat guru.

Dari pantauan di acara Reuni Perak alumni SMA Negeri 4 Kota Cimahi angkatan 1993-2018 yang digelar di Kampus SMA Negeri 4 Kota Cimahi Jl. Kihapit Barat No. 323, Leuwigajah, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi. di hadiri para guru dan kepala seolah serta peserta alumni.

Dalam kesempatan itu juga Alumni angkatan 93 memberikan cendera mata kepada guru guru dan memberikan sumbangan kepada pihak sekolah yang diwakili kepala sekolah SMAN 4 Cimahi. Acara ini juga diisi dengan tarian jaipong dan band isabela. Para alumni sangat antusias dan terkesan dengan acara reuni perak ini.

Ketua Pelaksana Dadang Herman menyebutkan, selain menjalin tali silaturahmi, reuni yang digelar angkatan 1993 ini juga untuk mengenang jasa para guru di SMA Negeri 4 Kota Cimahi yang telah membina dan membimbing para alumni sehingga bisa berhasil dan berbuat untuk dirinya, keluarga dan masyarakat.

“Reuni angkatan 1993 juga mengingatkan jika SMA Negeri 4 Kota Cimahi merupakan rumah kedua bagi para alumnI,”ungkap Dadang.

Sementara Kepala sekolah SMA Negeri 4 Kota Cimahi mengatakan, jasa para guru yang telah diperbuat untuk para alumni, merupakan hal yang tidak akan ternilai dengan materi “ Reuni ini menjadikan jalinan persahabatan bagi para alumni SMA Negeri 4 Kota Cimahi,” katanya.

Sementara salah seorang alumni Tatang mengatakan, banyak kenangan yang tak akan terlupakan saat menjadi siswa di SMA Negeri 4 Kota Cimahi. Sebab, banyak memperoleh pelajaran dan hal-hal yang jauh berbeda dengan sekarang. “Reuni ini sangat berharga bagi kami, sebab sudah 25 tahun kita tidak bertemu, tapi dengan adanya reuni perak ini kita bisa berkumpul disini dengan rasa haru dan bahagia di usia saat ini kita masih dipertemukan,”ungkapnya.(kus/uwo)

The post Angkatan 93 SMA N 4 Cimahi Gelar Reuni Perak appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/06/23/angkatan-93-sma-n-4-cimahi-gelar-reuni-perak/feed/ 0 18913
PDIP Kerahkan 74.944 Saksi di Pilgub Jawa Barat http://kilatnews.com/2018/05/29/pdip-kerahkan-74-944-saksi-di-pilgub-jawa-barat/ http://kilatnews.com/2018/05/29/pdip-kerahkan-74-944-saksi-di-pilgub-jawa-barat/#respond Tue, 29 May 2018 09:36:28 +0000 http://kilatnews.com/?p=18905 Kilatnews.com – PDI Perjuangan melakukan seluruh persiapan untuk menghadapi pencoblosan Pilgub Jawa Barat. Setidaknya PDIP telah menyiapkan sebanyak 74.944 saksi untuk ditempatkan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ketua Tim Pemenangan Hasanah (Tb Hasanuddin – Anton Charliyan), Abdy Yuhana, menyampaikan, seluruh persiapan untuk menghadapi pencoblosan 27 Juni mendatang telah rampung. Abdy menjelaskan bahwa PDIP telah […]

The post PDIP Kerahkan 74.944 Saksi di Pilgub Jawa Barat appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – PDI Perjuangan melakukan seluruh persiapan untuk menghadapi pencoblosan Pilgub Jawa Barat. Setidaknya PDIP telah menyiapkan sebanyak 74.944 saksi untuk ditempatkan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Tim Pemenangan Hasanah (Tb Hasanuddin – Anton Charliyan), Abdy Yuhana, menyampaikan, seluruh persiapan untuk menghadapi pencoblosan 27 Juni mendatang telah rampung.

Abdy menjelaskan bahwa PDIP telah melakukan penguatan serta mempersiapkan 74.944 saksi untuk ditempatkan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Saksi – saksi ini kami siapkan di setiap TPS, dibantu koordinator saksi di tingkat desa atau kelurahan juga kecamatan,” kata Abdy di Kantor DPD PDIP Jawa Barat, Selasa (29/5/2018).

Menurut dia, jumlah kecamatan di seluruh Jawa Barat mencapai 627 sedangkan jumlah desa/kelurahan adalah sebanyak 5975. Walaupun saat ini alur penghitungan suara tidak ada rekapitulasi di PPS, kata Abdy, timnya tetap menempatkan saksi untuk mengamankan suara dan deteksi dini bila ada kecurangan.

“Tentunya kami tak ingin kehilangan suara,” katanya.

Dia mengatakan, tak hanya persiapan saksi, timnya juga melakukan penguatan terhadap alat kelengkapan partai. Terutama yang langsung berhubungan langsung dengan momentum tersebut, yaitu Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), Badan Bantuan Hukum dan Hak Asasi (BBHA), dan BP PEMILU.

“Insya Allah seluruh mesin partai harus berjalan agar kami dapat meraih kemenangan baik dalam Pilgub 2018,” kata Abdy.

Untuk mengamankan suara di masing-masing daerah, dia melanjutkan, PDIP juga menyiapkan regu penggerak pemilih (Guraklih). Regu ini akan bertugas untuk mengajak pemilih berpartisipasi aktif menggunakan hak suaranya secara door to door.

Guraklih ini juga menyampaikan 7 program unggulan Hasanah kepada masyarakat yakni JabarCageur, JabarSeubeuh, ImahReumpeg, SakolaGratis, BogaGawe, Turkamling Budaya dan Molototcom. “Tentunya kami berharap, para pemilih dapat memberikan preferensi kepada pasangan nomor urut dua, yakni Kang Hasan Kang Anton Amanah atau Pasangan Hasanah,” kata dia. (*)

The post PDIP Kerahkan 74.944 Saksi di Pilgub Jawa Barat appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/29/pdip-kerahkan-74-944-saksi-di-pilgub-jawa-barat/feed/ 0 18905
Kang Hasan Sahur Bareng Loper Koran http://kilatnews.com/2018/05/22/kang-hasan-sahur-bareng-loper-koran/ http://kilatnews.com/2018/05/22/kang-hasan-sahur-bareng-loper-koran/#respond Tue, 22 May 2018 08:26:00 +0000 http://kilatnews.com/?p=18900 Kilatnews.com – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Tb. Hasanuddin menggelar shaur bersama dengan para loper koran dan anak jalanan di taman Cikapundung Bandung, Selasa dini hari, 22-5/2018. Pada kesempatan itu, Tb. Hasanuddin tak lupa menyampaikan secara tegas dan lugas akan visi dan misi nya dia sebagai cagub Jabar. Dimulai dari lapangan kerja sebagai […]

The post Kang Hasan Sahur Bareng Loper Koran appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Tb. Hasanuddin menggelar shaur bersama dengan para loper koran dan anak jalanan di taman Cikapundung Bandung, Selasa dini hari, 22-5/2018.

Pada kesempatan itu, Tb. Hasanuddin tak lupa menyampaikan secara tegas dan lugas akan visi dan misi nya dia sebagai cagub Jabar.

Dimulai dari lapangan kerja sebagai program prioritas yang siap sedia, kesehatan gratis, dan sekolah gratis bagi masyarakat miskin di Jawa Barat. Menurutnya, semuanya itu bisa gratis dilakukan oleh pemerintah Jawa Barat (red-gubernur). Asal, uangnya tidak dimakan oleh Wali kota dan Bupati.

“Saya sudah berjanji dengan pa anton (red-cawagub) ga bakal maling duit rakyat, dan makan uang rakyat”. Ujarnya.

Menurutnya, mengenai kesehatan gratis,  pihaknya akan medorong BPJS untuk “diborong” langsung oleh pemerintah daerah.

“Masyarakat kecil butuh perhatian, dan nanti ada situs atau website khusus yang bisa komunikasi langsung masyarakat dengan gubernurnya. Jadi, gubernur bisa tahu kejadian apa yang terjadi di masyarakat secara langsung.” Ucapnya.

Terkait mengenai situasi keamanan, dirinya sudah paham dan ahli, karena pengalamannya yang puluhan tahun di militer. Apalagi dibantu oleh Pa Anton sebagai cawagubnya dari kepolisian.

Disinggung soal pernyataan paslon gubernur Sudrajat dan Shaiku oleh para awak media pada debat publik di depok lalu, menurut pria kelahiran banten ini, pihaknya menyerahkan kepada KPU.

“Biarkan saja, semuanya kita serahkan kepada penegak hukum, khususnya kepada KPU dan wabilkhusus kepada Bawaslu, jangan lagi buat gaduh”. Ujarnya kepada para awak media usai bagi-bagi hidangan shaur ke masyarakat sekitar dan agen koran di cikapundung Bandung. (Asp/Uwo)

The post Kang Hasan Sahur Bareng Loper Koran appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/22/kang-hasan-sahur-bareng-loper-koran/feed/ 0 18900
Jokowi Akan Keluarkan Perpu jika RUU Terorisme Tak juga Disahkan http://kilatnews.com/2018/05/14/jokowi-akan-keluarkan-perpu-jika-ruu-terorisme-tak-juga-disahkan/ http://kilatnews.com/2018/05/14/jokowi-akan-keluarkan-perpu-jika-ruu-terorisme-tak-juga-disahkan/#respond Mon, 14 May 2018 09:03:25 +0000 http://kilatnews.com/?p=18893 Kilatnews.com – Presiden Joko Widodo meminta DPR untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme pada masa sidang berikutnya. Menurut Jokowi, pembahasan RUU Terorisme di DPR sudah berlangsung lama, memakan waktu lebih dari dua tahun. “Ini merupakan sebuah payung hukum yang penting bagi aparat, Polri, untuk bisa menindak tegas dalam pencegahan maupun dalam […]

The post Jokowi Akan Keluarkan Perpu jika RUU Terorisme Tak juga Disahkan appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Presiden Joko Widodo meminta DPR untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme pada masa sidang berikutnya. Menurut Jokowi, pembahasan RUU Terorisme di DPR sudah berlangsung lama, memakan waktu lebih dari dua tahun.

“Ini merupakan sebuah payung hukum yang penting bagi aparat, Polri, untuk bisa menindak tegas dalam pencegahan maupun dalam tindakan,” kata Jokowi seusai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pusat, dan Daerah di Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

Jokowi menuturkan, jika hingga akhir masa sidang berikutnya, yaitu pada Juni 2018, DPR tak kunjung mengesahkan RUU Terorisme tersebut, pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu). “Kalau nantinya di bulan Juni, di akhir masa sidang ini belum segera diselesaikan, saya akan keluarkan perpu,” ucapnya.

Rentetan serangan teror di Surabaya terjadi sejak kemarin. Pada Minggu pagi, 13 Mei 2018, terjadi serangan tiga bom bunuh diri di tiga gereja berbeda. Peristiwa ini mengakibatkan 13 korban tewas, enam di antaranya pelaku yang merupakan satu keluarga. Pada malam hari, bom bunuh diri terjadi di Rumah Susun Wonocolo, Sidoarjo.

Pagi ini, serangan bom kembali terjadi di Mapolrestabes Surabaya. Pelaku bom di Mapolrestabes diduga menggunakan sepeda motor.

Jokowi mengatakan aksi teror ini merupakan tindakan pengecut. “Kami akan basmi terorisme sampai ke akar-akarnya,” ucapnya. (*)

The post Jokowi Akan Keluarkan Perpu jika RUU Terorisme Tak juga Disahkan appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/14/jokowi-akan-keluarkan-perpu-jika-ruu-terorisme-tak-juga-disahkan/feed/ 0 18893
Risma : Saya Ndak Ngira Pelaku Bom Surabaya adalah Keluarga Mapan http://kilatnews.com/2018/05/14/risma-saya-ndak-ngira-pelaku-bom-surabaya-adalah-keluarga-mapan/ http://kilatnews.com/2018/05/14/risma-saya-ndak-ngira-pelaku-bom-surabaya-adalah-keluarga-mapan/#respond Mon, 14 May 2018 08:56:12 +0000 http://kilatnews.com/?p=18890 Kilatnews.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendatangi rumah terduga pelaku peledakan bom di Surabaya, Ahad malam, 13 Mei 2018. Pasangan Dita Oepriyanto dan Fuji Kusuma tinggal di sebuah perumahan di kawasan Wonorejo Asri, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Ia tak menyangka terduga teroris bisa berasal dari keluarga yang ekonominya berkecukupan. “Saya percaya bahwa warga Surabaya itu […]

The post Risma : Saya Ndak Ngira Pelaku Bom Surabaya adalah Keluarga Mapan appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendatangi rumah terduga pelaku peledakan bom di Surabaya, Ahad malam, 13 Mei 2018. Pasangan Dita Oepriyanto dan Fuji Kusuma tinggal di sebuah perumahan di kawasan Wonorejo Asri, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Ia tak menyangka terduga teroris bisa berasal dari keluarga yang ekonominya berkecukupan.

“Saya percaya bahwa warga Surabaya itu warga yang sangat toleran. Saya waktu itu tidak percaya karena itu saya mencoba mencari data dengan database kita tentang elektronik KTP dan ternyata kami temukan bahwa dia orang Surabaya,” tuturnya di Rungkut, Surabaya, Minggu (13/5/2018).

“Terus terang saya surprise mereka tinggal di sini dan kondisinya mapan. Biasanya yang kita tahu, kondisinya tinggal di kos-kosan dan terbatas. Tetapi ini kondisinya sangat mapan,” tambahnya kemudian.

Ke depannya, Risma mengatakan akan mengambil langkah-langkah antisipasi hal ini terulang kembali.

“Saya sudah membuat edaran kepada RT/RW tentang kalau ada orang baru, tidak dikenal, diharap Pak RT dalam 1×24 jam lapor ke pemerintah kota. Kemudian kami juga melakukan upaya sosialisasi dengan masyarakat, RT/RW untuk medeteksi dini kejadian seperti ini. Kami undang dari Polri, TNI, Kejaksaan sehingga bisa diantisipasi sejak dini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Risma mengaku ditelepon Pak Kapolres untuk membantu lampu penerangan di kawasan Rungkut tempat rumah keluarga Dita, pelaku bom di tiga gereja di Surabaya, yang kondisinya gelap.

Risma mengakui bahwa Pemkot Surabaya kecolongan karena ada warganya yang melakukan aksi bom bunuh diri hingga menyebabkan belasan orang tewas.

“Terus terang iya (kecolongan). Saya sempat enggak percaya, apalagi yang melakukan orang Surabaya sendiri. Kami punya datanya,” ungkapnya.  (*)

The post Risma : Saya Ndak Ngira Pelaku Bom Surabaya adalah Keluarga Mapan appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/14/risma-saya-ndak-ngira-pelaku-bom-surabaya-adalah-keluarga-mapan/feed/ 0 18890