Kilatnews.com http://kilatnews.com Portal Berita Cerdas dan Transparan Tue, 29 May 2018 09:36:28 +0000 en-US hourly 1 117119028 PDIP Kerahkan 74.944 Saksi di Pilgub Jawa Barat http://kilatnews.com/2018/05/29/pdip-kerahkan-74-944-saksi-di-pilgub-jawa-barat/ http://kilatnews.com/2018/05/29/pdip-kerahkan-74-944-saksi-di-pilgub-jawa-barat/#respond Tue, 29 May 2018 09:36:28 +0000 http://kilatnews.com/?p=18905 Kilatnews.com – PDI Perjuangan melakukan seluruh persiapan untuk menghadapi pencoblosan Pilgub Jawa Barat. Setidaknya PDIP telah menyiapkan sebanyak 74.944 saksi untuk ditempatkan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ketua Tim Pemenangan Hasanah (Tb Hasanuddin – Anton Charliyan), Abdy Yuhana, menyampaikan, seluruh persiapan untuk menghadapi pencoblosan 27 Juni mendatang telah rampung. Abdy menjelaskan bahwa PDIP telah […]

The post PDIP Kerahkan 74.944 Saksi di Pilgub Jawa Barat appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – PDI Perjuangan melakukan seluruh persiapan untuk menghadapi pencoblosan Pilgub Jawa Barat. Setidaknya PDIP telah menyiapkan sebanyak 74.944 saksi untuk ditempatkan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Tim Pemenangan Hasanah (Tb Hasanuddin – Anton Charliyan), Abdy Yuhana, menyampaikan, seluruh persiapan untuk menghadapi pencoblosan 27 Juni mendatang telah rampung.

Abdy menjelaskan bahwa PDIP telah melakukan penguatan serta mempersiapkan 74.944 saksi untuk ditempatkan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Saksi – saksi ini kami siapkan di setiap TPS, dibantu koordinator saksi di tingkat desa atau kelurahan juga kecamatan,” kata Abdy di Kantor DPD PDIP Jawa Barat, Selasa (29/5/2018).

Menurut dia, jumlah kecamatan di seluruh Jawa Barat mencapai 627 sedangkan jumlah desa/kelurahan adalah sebanyak 5975. Walaupun saat ini alur penghitungan suara tidak ada rekapitulasi di PPS, kata Abdy, timnya tetap menempatkan saksi untuk mengamankan suara dan deteksi dini bila ada kecurangan.

“Tentunya kami tak ingin kehilangan suara,” katanya.

Dia mengatakan, tak hanya persiapan saksi, timnya juga melakukan penguatan terhadap alat kelengkapan partai. Terutama yang langsung berhubungan langsung dengan momentum tersebut, yaitu Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), Badan Bantuan Hukum dan Hak Asasi (BBHA), dan BP PEMILU.

“Insya Allah seluruh mesin partai harus berjalan agar kami dapat meraih kemenangan baik dalam Pilgub 2018,” kata Abdy.

Untuk mengamankan suara di masing-masing daerah, dia melanjutkan, PDIP juga menyiapkan regu penggerak pemilih (Guraklih). Regu ini akan bertugas untuk mengajak pemilih berpartisipasi aktif menggunakan hak suaranya secara door to door.

Guraklih ini juga menyampaikan 7 program unggulan Hasanah kepada masyarakat yakni JabarCageur, JabarSeubeuh, ImahReumpeg, SakolaGratis, BogaGawe, Turkamling Budaya dan Molototcom. “Tentunya kami berharap, para pemilih dapat memberikan preferensi kepada pasangan nomor urut dua, yakni Kang Hasan Kang Anton Amanah atau Pasangan Hasanah,” kata dia. (*)

The post PDIP Kerahkan 74.944 Saksi di Pilgub Jawa Barat appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/29/pdip-kerahkan-74-944-saksi-di-pilgub-jawa-barat/feed/ 0 18905
Kang Hasan Sahur Bareng Loper Koran http://kilatnews.com/2018/05/22/kang-hasan-sahur-bareng-loper-koran/ http://kilatnews.com/2018/05/22/kang-hasan-sahur-bareng-loper-koran/#respond Tue, 22 May 2018 08:26:00 +0000 http://kilatnews.com/?p=18900 Kilatnews.com – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Tb. Hasanuddin menggelar shaur bersama dengan para loper koran dan anak jalanan di taman Cikapundung Bandung, Selasa dini hari, 22-5/2018. Pada kesempatan itu, Tb. Hasanuddin tak lupa menyampaikan secara tegas dan lugas akan visi dan misi nya dia sebagai cagub Jabar. Dimulai dari lapangan kerja sebagai […]

The post Kang Hasan Sahur Bareng Loper Koran appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Tb. Hasanuddin menggelar shaur bersama dengan para loper koran dan anak jalanan di taman Cikapundung Bandung, Selasa dini hari, 22-5/2018.

Pada kesempatan itu, Tb. Hasanuddin tak lupa menyampaikan secara tegas dan lugas akan visi dan misi nya dia sebagai cagub Jabar.

Dimulai dari lapangan kerja sebagai program prioritas yang siap sedia, kesehatan gratis, dan sekolah gratis bagi masyarakat miskin di Jawa Barat. Menurutnya, semuanya itu bisa gratis dilakukan oleh pemerintah Jawa Barat (red-gubernur). Asal, uangnya tidak dimakan oleh Wali kota dan Bupati.

“Saya sudah berjanji dengan pa anton (red-cawagub) ga bakal maling duit rakyat, dan makan uang rakyat”. Ujarnya.

Menurutnya, mengenai kesehatan gratis,  pihaknya akan medorong BPJS untuk “diborong” langsung oleh pemerintah daerah.

“Masyarakat kecil butuh perhatian, dan nanti ada situs atau website khusus yang bisa komunikasi langsung masyarakat dengan gubernurnya. Jadi, gubernur bisa tahu kejadian apa yang terjadi di masyarakat secara langsung.” Ucapnya.

Terkait mengenai situasi keamanan, dirinya sudah paham dan ahli, karena pengalamannya yang puluhan tahun di militer. Apalagi dibantu oleh Pa Anton sebagai cawagubnya dari kepolisian.

Disinggung soal pernyataan paslon gubernur Sudrajat dan Shaiku oleh para awak media pada debat publik di depok lalu, menurut pria kelahiran banten ini, pihaknya menyerahkan kepada KPU.

“Biarkan saja, semuanya kita serahkan kepada penegak hukum, khususnya kepada KPU dan wabilkhusus kepada Bawaslu, jangan lagi buat gaduh”. Ujarnya kepada para awak media usai bagi-bagi hidangan shaur ke masyarakat sekitar dan agen koran di cikapundung Bandung. (Asp/Uwo)

The post Kang Hasan Sahur Bareng Loper Koran appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/22/kang-hasan-sahur-bareng-loper-koran/feed/ 0 18900
Jokowi Akan Keluarkan Perpu jika RUU Terorisme Tak juga Disahkan http://kilatnews.com/2018/05/14/jokowi-akan-keluarkan-perpu-jika-ruu-terorisme-tak-juga-disahkan/ http://kilatnews.com/2018/05/14/jokowi-akan-keluarkan-perpu-jika-ruu-terorisme-tak-juga-disahkan/#respond Mon, 14 May 2018 09:03:25 +0000 http://kilatnews.com/?p=18893 Kilatnews.com – Presiden Joko Widodo meminta DPR untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme pada masa sidang berikutnya. Menurut Jokowi, pembahasan RUU Terorisme di DPR sudah berlangsung lama, memakan waktu lebih dari dua tahun. “Ini merupakan sebuah payung hukum yang penting bagi aparat, Polri, untuk bisa menindak tegas dalam pencegahan maupun dalam […]

The post Jokowi Akan Keluarkan Perpu jika RUU Terorisme Tak juga Disahkan appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Presiden Joko Widodo meminta DPR untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme pada masa sidang berikutnya. Menurut Jokowi, pembahasan RUU Terorisme di DPR sudah berlangsung lama, memakan waktu lebih dari dua tahun.

“Ini merupakan sebuah payung hukum yang penting bagi aparat, Polri, untuk bisa menindak tegas dalam pencegahan maupun dalam tindakan,” kata Jokowi seusai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pusat, dan Daerah di Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

Jokowi menuturkan, jika hingga akhir masa sidang berikutnya, yaitu pada Juni 2018, DPR tak kunjung mengesahkan RUU Terorisme tersebut, pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu). “Kalau nantinya di bulan Juni, di akhir masa sidang ini belum segera diselesaikan, saya akan keluarkan perpu,” ucapnya.

Rentetan serangan teror di Surabaya terjadi sejak kemarin. Pada Minggu pagi, 13 Mei 2018, terjadi serangan tiga bom bunuh diri di tiga gereja berbeda. Peristiwa ini mengakibatkan 13 korban tewas, enam di antaranya pelaku yang merupakan satu keluarga. Pada malam hari, bom bunuh diri terjadi di Rumah Susun Wonocolo, Sidoarjo.

Pagi ini, serangan bom kembali terjadi di Mapolrestabes Surabaya. Pelaku bom di Mapolrestabes diduga menggunakan sepeda motor.

Jokowi mengatakan aksi teror ini merupakan tindakan pengecut. “Kami akan basmi terorisme sampai ke akar-akarnya,” ucapnya. (*)

The post Jokowi Akan Keluarkan Perpu jika RUU Terorisme Tak juga Disahkan appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/14/jokowi-akan-keluarkan-perpu-jika-ruu-terorisme-tak-juga-disahkan/feed/ 0 18893
Risma : Saya Ndak Ngira Pelaku Bom Surabaya adalah Keluarga Mapan http://kilatnews.com/2018/05/14/risma-saya-ndak-ngira-pelaku-bom-surabaya-adalah-keluarga-mapan/ http://kilatnews.com/2018/05/14/risma-saya-ndak-ngira-pelaku-bom-surabaya-adalah-keluarga-mapan/#respond Mon, 14 May 2018 08:56:12 +0000 http://kilatnews.com/?p=18890 Kilatnews.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendatangi rumah terduga pelaku peledakan bom di Surabaya, Ahad malam, 13 Mei 2018. Pasangan Dita Oepriyanto dan Fuji Kusuma tinggal di sebuah perumahan di kawasan Wonorejo Asri, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Ia tak menyangka terduga teroris bisa berasal dari keluarga yang ekonominya berkecukupan. “Saya percaya bahwa warga Surabaya itu […]

The post Risma : Saya Ndak Ngira Pelaku Bom Surabaya adalah Keluarga Mapan appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendatangi rumah terduga pelaku peledakan bom di Surabaya, Ahad malam, 13 Mei 2018. Pasangan Dita Oepriyanto dan Fuji Kusuma tinggal di sebuah perumahan di kawasan Wonorejo Asri, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Ia tak menyangka terduga teroris bisa berasal dari keluarga yang ekonominya berkecukupan.

“Saya percaya bahwa warga Surabaya itu warga yang sangat toleran. Saya waktu itu tidak percaya karena itu saya mencoba mencari data dengan database kita tentang elektronik KTP dan ternyata kami temukan bahwa dia orang Surabaya,” tuturnya di Rungkut, Surabaya, Minggu (13/5/2018).

“Terus terang saya surprise mereka tinggal di sini dan kondisinya mapan. Biasanya yang kita tahu, kondisinya tinggal di kos-kosan dan terbatas. Tetapi ini kondisinya sangat mapan,” tambahnya kemudian.

Ke depannya, Risma mengatakan akan mengambil langkah-langkah antisipasi hal ini terulang kembali.

“Saya sudah membuat edaran kepada RT/RW tentang kalau ada orang baru, tidak dikenal, diharap Pak RT dalam 1×24 jam lapor ke pemerintah kota. Kemudian kami juga melakukan upaya sosialisasi dengan masyarakat, RT/RW untuk medeteksi dini kejadian seperti ini. Kami undang dari Polri, TNI, Kejaksaan sehingga bisa diantisipasi sejak dini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Risma mengaku ditelepon Pak Kapolres untuk membantu lampu penerangan di kawasan Rungkut tempat rumah keluarga Dita, pelaku bom di tiga gereja di Surabaya, yang kondisinya gelap.

Risma mengakui bahwa Pemkot Surabaya kecolongan karena ada warganya yang melakukan aksi bom bunuh diri hingga menyebabkan belasan orang tewas.

“Terus terang iya (kecolongan). Saya sempat enggak percaya, apalagi yang melakukan orang Surabaya sendiri. Kami punya datanya,” ungkapnya.  (*)

The post Risma : Saya Ndak Ngira Pelaku Bom Surabaya adalah Keluarga Mapan appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/14/risma-saya-ndak-ngira-pelaku-bom-surabaya-adalah-keluarga-mapan/feed/ 0 18890
Polri dan BIN Desak Revisi RUU Terorisme http://kilatnews.com/2018/05/13/polri-dan-bin-desak-revisi-ruu-terorisme/ http://kilatnews.com/2018/05/13/polri-dan-bin-desak-revisi-ruu-terorisme/#respond Sun, 13 May 2018 12:27:11 +0000 http://kilatnews.com/?p=18887 Kilatnews.com – Kepolisian Republik Indonesia mendesak pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat mempercepat penyelesaian revisi Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (UU Terorisme). Polisi menyebut payung hukum itu sangat penting untuk mencegah kasus-kasus terorisme. “UU terorisme sekarang sifatnya responsif, jadi kalo belum bertindak tidak bisa ditangkap. Kami berharap petugas Polri diberikan kewenangan […]

The post Polri dan BIN Desak Revisi RUU Terorisme appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Kepolisian Republik Indonesia mendesak pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat mempercepat penyelesaian revisi Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (UU Terorisme).

Polisi menyebut payung hukum itu sangat penting untuk mencegah kasus-kasus terorisme.

“UU terorisme sekarang sifatnya responsif, jadi kalo belum bertindak tidak bisa ditangkap. Kami berharap petugas Polri diberikan kewenangan upaya preventif,” kata Kepala Divisi Humas Polri pengganti Irjen. Pol. Boy Rafli Amar dalam konferensi pers mengenai tertangkapnya enam terduga teroris di Cianjur, Jawa Barat di Mabes Polri, Minggu (13/5).

Setyo berpendapat ketiadaan payung hukum itu membuat Polri maupun Densus 88 kesulitan untuk langsung menangkap sel-sel tidur terorisme meski pihak yang berwajib sudah mengetahui rencana mereka.

“Harapannya kalau sudah terafiliasi dengan salah satu (organisasi teroris) maka bisa ditangkap dan diproses. Kalau ada bahan peledak peluru tanpa izin bisa dikenakan UU terorisme. Tapi sekarang nggak,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Wawan Purwanto Direktur Komunikasi dan Informasi BIN yang menganggap penundaan penindakan oleh polisi adalah karena akibat payung hukum yang saat ini.

“Sebelum ada bukti permulaan yang cukup, tidak ada kewenangan untuk dilakukan penindakan. Ini yang berupaya diubah di UU Antiteror yang baru. Kalau tidak ada bukti yang cukup, sekarang tidak bisa diapa-apakan,” ujar Wawan.

“Kalau dulu sebelum reformasi masih boleh, tangkap dulu baru buktikan. Kalau sekarang jadinya wait and see, jadinya delay-delay”.

Beberapa hari silam, Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu juga meminta hal yang sama menyusul aksi teror di dalam Mako Brimob. Ia juga mendukung penuh masuknya keterlibatan TNI dalam memberantas terorisme di Indonesia, dalam revisi UU tersebut.

Di Cianjur, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menembak mati empat orang terduga teroris di Terminal Pasirhayam, Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat, pada Minggu (13/5).

Ini terjadi hanya beberapa jam setelah bom meledak di tiga gereja berbeda di Surabaya yang menewaskan 10 orang dan membuat puluhan lainnya terluka.

The post Polri dan BIN Desak Revisi RUU Terorisme appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/13/polri-dan-bin-desak-revisi-ruu-terorisme/feed/ 0 18887
Sidang Promosi Doktor, Aher Ungkap Solusi Penanganan DAS Citarum http://kilatnews.com/2018/05/10/sidang-promosi-doktor-aher-ungkap-solusi-penanganan-das-citarum/ http://kilatnews.com/2018/05/10/sidang-promosi-doktor-aher-ungkap-solusi-penanganan-das-citarum/#respond Thu, 10 May 2018 07:51:35 +0000 http://kilatnews.com/?p=18882 Kilatnews.com – Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah pusat maupun Provinsi Jawa Barat untuk menangani keberadaan sungai Citarum. Pembentukan badan khusus semacam Badan Otorita yang memiliki kewenangan besar untuk menghimpun semua stake holder dibutuhkan . “Dengan badan otorita, Citarum akan bisa dijaga dan ditingkatkan nilai airnya. Badan Otorita Citarum dapat menjadi sebuah lembaga yang akan […]

The post Sidang Promosi Doktor, Aher Ungkap Solusi Penanganan DAS Citarum appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah pusat maupun Provinsi Jawa Barat untuk menangani keberadaan sungai Citarum. Pembentukan badan khusus semacam Badan Otorita yang memiliki kewenangan besar untuk menghimpun semua stake holder dibutuhkan .

“Dengan badan otorita, Citarum akan bisa dijaga dan ditingkatkan nilai airnya. Badan Otorita Citarum dapat menjadi sebuah lembaga yang akan melaksanakan berbagai program secara serentak, masif, dan berkelanjutan yang dapat menyelesaikan masalah Sungai Citarum,” ujar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) saat mempertahankan disertasi doktoralnya dengan judul “Model Keberlanjutan Bisnis di Daerah Aliran Sungai Citarum, Indonesia” pada Sidang Promosi Doktornya di Gedung Graha Sanusi Universitas Padjadjaran, Rabu 9 Mei 2018. Ahmad Heryawan mendapatkan gelar doktor dengan yudicium Cum Laude.

Menurut penelitiannya, Ahmad Heryawan menyatakan bahwa peningkatan nilai air akan menjamin keberlanjutan bisnis di daerah aliran sungai (DAS) Citarum. “Tidak mungkin ada keberlanjutan bisnis di DAS Citarum tanpa memperbaiki nilai airnya. Begitu juga sebaliknya. Orientasi profit dengan meningkatn perbaikan nilai air justru akan menimbulkan kerugian. Jadi sebetulnya perbaikan nilai air itu adalah kebutuhan masyarakat dan industri,” ujar Ahmad Heryawan.

Paradigma baru ini perlu dukungan semua pihak. Sebab, saat Pemprov Jabar memikirkan Citarum sejak 2008 ternyata tidak ada dukungan stake holder lain.

“Paradigma baru itu adalah tidak menebang pohon di hulu, tidak membuang limbah rumah tangga ke sungai, tidak membuang limbah industri ke sungai. Mari kita tidak membuang apapun ke sungai. Tidak bisa hanya provinsi, semua pihak harus terlibat. Badan Otorita ini yang akan mengkomandoi perbaikan nilai air Citarum. Badan inilah yang akan mengkoordlinasikan stake holder untuk Citarum,” katanya mengajak masyarakat.

Selain membentuk kelembagaan atau badan otorita, perlu juga membangun budaya masyarakat yang memandang air sebagai barang yang sangat bernilai dan mahal. Sebab selain kelompok masyarakat industri juga ada kelompok masyarakat yang lebih besar, yaitu penduduk DAS Citarum yang harus memahami air sebagai barang yang sangat bernilai. “Bisnis akan berjalan berkelanjutan dan masyarakat akan hidup dengan baik dan sehat jika kehidupan didukung air dengan nilainya yang terpelihara,” kata Ahmad Heryawan. (*)

The post Sidang Promosi Doktor, Aher Ungkap Solusi Penanganan DAS Citarum appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/10/sidang-promosi-doktor-aher-ungkap-solusi-penanganan-das-citarum/feed/ 0 18882
Kopi Jabar Jadi Primadona di 2nd Indonesia Week 2018 Nagoya Jepang http://kilatnews.com/2018/05/02/kopi-jabar-jadi-primadona-di-2nd-indonesia-week-2018-nagoya-jepang/ http://kilatnews.com/2018/05/02/kopi-jabar-jadi-primadona-di-2nd-indonesia-week-2018-nagoya-jepang/#respond Wed, 02 May 2018 11:28:27 +0000 http://kilatnews.com/?p=18878 Kilatnews.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat ambil bagian dalam 2nd Indonesia Week 2018, di Mochinoki Hiroba (Central Park), Nagoya-Jepang, Sabtu-Senin (28 – 30/4/18. Kopi Jawa Barat di Stand Ngopi Saraosna edisi mini serta Stand Dekranasda menjadi andalan komoditas yang dipamerkan Pemprov Jabar di sana. Indonesia Week adalah sebuah Festival Kolaborasi yang digagas dan diinisiasi oleh […]

The post Kopi Jabar Jadi Primadona di 2nd Indonesia Week 2018 Nagoya Jepang appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat ambil bagian dalam 2nd Indonesia Week 2018, di Mochinoki Hiroba (Central Park), Nagoya-Jepang, Sabtu-Senin (28 – 30/4/18.

Kopi Jawa Barat di Stand Ngopi Saraosna edisi mini serta Stand Dekranasda menjadi andalan komoditas yang dipamerkan Pemprov Jabar di sana.

Indonesia Week adalah sebuah Festival Kolaborasi yang digagas dan diinisiasi oleh Be Indonesia, sebuah Simpul Kolaborasi yang terdiri dari berbagai perwakilan akademisi, komunitas, media, pemerintah dan pekerja kreatif. Tujuannya, untuk memacu semangat mencintai dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) yang di dampingi istri, Netty Prasetyani sekaligus Ketua Dekranasda Jawa Barat mengatakan bahwa Indonesia Week 2018 yang digelar kali ini menjadi peluang bagi Jawa barat untuk memasarkan produk-produk unggulan Jawa Barat.

“Saya menitip kepada masyarakat Indonesia khususnya WNI asal Jawa Barat untuk terus meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan di sini, dan jika kembali ke Indonesia dapat membangun kampung halamannya,” harap Aher pada pembukaan acara tersebut, Sabtu (28/4/2018).

Khusus kopi, kata Aher, kopi asal Jabar selalu menjadi suvenir wajib bagi dirinya di setiap kunjungan ke luar negeri. Sejauh ini, semua negara mitra kerjasama selalu merespon positif. Kualitas kopi Jawa Barat selalu mendapat tempat istimewa di pasar komoditas dunia, dan menjadi senjata ampuh bagi Pemerintah Provinsi Jabar dalam membuka hubungan dengan luar negeri.

Diplomasi kopi ini, lanjut Aher, ditopang dengan kualitas kopi Java Preanger yang unik. Meski delegasi daerah lain juga membawa kopi sebagai buah tangan bagi tuan rumah, tetapi Jabar memiliki tempat tersendiri.

“Kopi yang lain biasanya premium, kopi yang kita bawa selalu specialty. Ini posisinya tertinggi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Arifin Tastif juga Gubernur Nagoya Mr. Hidayaki Omura mengapresiasi stand-stand perwakilan dari Jawa Barat. Ia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kerjasama lebih erat lagi antara Indonesia dan Jepang.

Selain Stand Ngopi Saraosna, juga ada dari stand Dekranasda Jawa Barat yang menampilkan beragam kerajinan dan fashion. Salah satunya koleksi Karina Amanda dari Kika Butik yang menggunakan kain tenun rami batik warna alam. Batik ini dipadukan sulam Sashiko Yuza mendapat apresiasi dari desainer asal Jepang yang berkunjung ke Indonesia Week kali ini.

Direktur Kreatif Indonesia Week 2018, Galih Sedayu mengatakan bahwa untuk mewarnai festival tersebut, agenda kegiatan akan diisi dengan Intimate Concert Culinary Bazaar ; Live Cooking Demo, Batik Workshop & Lawasan Batik Display, Community Parade ; Edu Talkshow, Indonesian Green Action For Nagoya, Indonesia Embassy of Tokyo Public Service, dan Kustomfest & Travel Fair.

Sejumlah kolaborator yang berasal dari Indonesia dan Jepang dihadirkan dalam kegiatan Indonesia Week 2018 ini, di antaranya Indonesia Rock Star Empire; Sleaze Party; Indonesia-Japan Band Festival; Matsumoto Machiko (Washoku Cooking Instructor); Doni Rachman (Fashion Designer).

Seorang WNI asal Jawa Barat, Inan Salakalangit yang sudah 20 tahun lebih tinggal di Shizouka sengaja datang ke acara tersebut demi kuliner khas Indonesia.

“Saya sengaja datang ke acara ini, meskipun 3 jam perjalanan dari rumah ingin mencicipi kuliner khas Indonesia khususnya Jawa Barat dan baru mengetahui bahwa ada kopi asal Jawa Barat yaitu Kopi Puntang yang menurut informasi tahun 2016 lalu juara di Amerika. Rasanya bangga sekali,” katanya.

Dia berharap acara Indonesia Week 2018 dilaksanakan lebih sering lagi untuk mengenalkan produk-produk unggulan Indonesia. (*)

The post Kopi Jabar Jadi Primadona di 2nd Indonesia Week 2018 Nagoya Jepang appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/05/02/kopi-jabar-jadi-primadona-di-2nd-indonesia-week-2018-nagoya-jepang/feed/ 0 18878
Rakorda Hanura Jabar Versi OSO Ricuh, Kader Hanura Bandung Nyatakan Keluar Partai http://kilatnews.com/2018/04/28/rakorda-hanura-jabar-versi-oso-ricuh-kader-hanura-bandung-nyatakan-keluar-partai/ http://kilatnews.com/2018/04/28/rakorda-hanura-jabar-versi-oso-ricuh-kader-hanura-bandung-nyatakan-keluar-partai/#respond Sat, 28 Apr 2018 12:10:37 +0000 http://kilatnews.com/?p=18874 Kilatnews.com – Belum diterbitkannya SK kepengurusan DPC Kota Bandung hasil Muscalub oleh DPP Partai Hanura berdampak terjadinya pembiaran DPC Hanura Kota Bandung dipimpin Endun yang notabene sudah diberhentikan. Efeknya sebanyak 16 Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pengurus Tingkat Kelurahan (Ranting) dan kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kota Bandung menyatakan mundur. Hal ini terjadi ketika […]

The post Rakorda Hanura Jabar Versi OSO Ricuh, Kader Hanura Bandung Nyatakan Keluar Partai appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Belum diterbitkannya SK kepengurusan DPC Kota Bandung hasil Muscalub oleh DPP Partai Hanura berdampak terjadinya pembiaran DPC Hanura Kota Bandung dipimpin Endun yang notabene sudah diberhentikan.

Efeknya sebanyak 16 Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pengurus Tingkat Kelurahan (Ranting) dan kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kota Bandung menyatakan mundur. Hal ini terjadi ketika Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) DPD Partai Hanura Jawa Barat yang digelar di Hotel Newton, Jalan L.L. R.E Martadinata, Bandung, Sabtu (28/4).

Ketika acara akan dibuka telah muncul interupsi dari beberapa peserta Rakorda, bahkan seorang kader Hanura kemudian melepas seragam/atribut partai yang dikenakannya dan langsung keluar dari ruangan acara. Tindakan ini lantas diikuti juga oleh sejumlah kader Hanura untuk keluar dari ruangan serta tidak mengikuti Rakor tersebut.

Wakil Ketua Bidang Infokom Dewan Pengurus Cabang (DPC) Hanura Kota Bandung, Rudi Erawan mengatakan, alasan pengunduran tersebut didasarkan pada pertimbangan dan perhitungan yang rasional, kalkulatif dan terukur. Hal itu bukan semata-mata atas dasar emosional.

“Melihat kondisi Partai Hanura saat ini babak belur dan kacau balau di semua tingkatan,” kata Rudi di Hotel Newton, Jalan L.L. R.E Martadinata, Bandung, Sabtu (28/4).

Rudi menjelaskan, pertimbangan pengunduran itu yakni dualisme kepemimpinan serta kisruh yang berlarut-larut di tubuh Partai Hanura, baik di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Barat dan DPC Kota Bandung. Dualisme itu, kata Rudi, sangat menguras energi dan konsentrasi kader terhadap tugas pokoknya membesarkan organisasi Hanura.

“Hal itu berdampak terhadap menurunnya kepercayaan masyarakat kepada Partai Hanura sebagai partai yang menamai dirinya hati nurani rakyat,” tegas Rudi.

Dia menambahkan, OSO yang mendaftarkan diri sebagai calon Dewan Pimpinan Daerah (DPD), menambah panjang alasan kader mengundurkan diri. Maka, imbuhnya, tidak aneh bila hasil rilis beberapa lembaga survei menempatkan popularitas dan elektabilitas Hanura dalam zona merah.

Sementara itu, di tempat terpisah, Giri MQ Wakil Ketua Bidang Organisasi Hanura Jabar Versi Daryatmo (Bambu Apus) ketika dikonfirmasi oleh awak media tentang situasi tersebut mengatakan jika dalam organisasi, aspek kepemimpinan adalah hal yang sangat vital.

“Ya itu suatu keniscayaan sebenarnya. Dalam organisasi apapun terutama partai politik, aspek Leadership (kepemimpinan) adalah hal yang vital. Turunan dari leadership ini diantaranya adalah keteladanan”, ujar Giri.

Giri menambahkan, terjadinya kekisruhan ini akibat dari ketidakpahamannya seorang pemimpin terhadap sebuah aturan, AD/ART sebagai prinsip dasar dan panduan sebuah organisasi.

“Jika model kepemipinan di pusat seperti “X” misalnya, maka besar kemungkinan gaya atau karakter yang tak jauh berbeda akan terjadi serta dilakukan pula di daerah-daerah sebagai sub-ordinasi struktur organisasi. Terlebih jika berani melibas atau tidak mempedulikan AD/ART, ya sebagai sebuah akibat kita tidak perlu kaget jika terjadi ketidakteraturan, kisruh, chaos, karena AD/ART itu prinsipnya pondasi dasar keteraturan serta panduan yuridis suatu organisasi. Untuk itu saya katakan situasi tersebut suatu keniscayaan. Sebagai contoh, entah unik entah aneh ketika seorang Ketua Umum Partai Politik mencalonkan DPD-RI, dimana organisasi yang dipimpinnya membuka pendaftaran bagi calon-calon DPR-RI karena memang salurannya begitu berdasar undang-undang, sementara hakekatnya DPD-RI itu kan non-partisan”, ungkap Giri. (Uwo)

The post Rakorda Hanura Jabar Versi OSO Ricuh, Kader Hanura Bandung Nyatakan Keluar Partai appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/04/28/rakorda-hanura-jabar-versi-oso-ricuh-kader-hanura-bandung-nyatakan-keluar-partai/feed/ 0 18874
Aher Boyong Parasamya Purnakarya Nugraha http://kilatnews.com/2018/04/28/aher-boyong-parasamya-purnakarya-nugraha/ http://kilatnews.com/2018/04/28/aher-boyong-parasamya-purnakarya-nugraha/#respond Sat, 28 Apr 2018 09:58:50 +0000 http://kilatnews.com/?p=18871 Kilatnews.com – Menempuh perjalanan Jakarta -Bandung sepanjang ±166 km, menaiki Kerata Api Argo Parahyangan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) pulang ke Bandung memboyong piala Parasamya Purnakarya Nugraha. Sebuah tanda kehormatan tertinggi, atas berhasilnya pelaksanaan pembangunan dari Presiden Republik Indonesia. “Satu adalah komitmen, Kepala Daerah ini nanti masuk ke program kerja, yang kemudian meramu program […]

The post Aher Boyong Parasamya Purnakarya Nugraha appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Menempuh perjalanan Jakarta -Bandung sepanjang ±166 km, menaiki Kerata Api Argo Parahyangan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) pulang ke Bandung memboyong piala Parasamya Purnakarya Nugraha. Sebuah tanda kehormatan tertinggi, atas berhasilnya pelaksanaan pembangunan dari Presiden Republik Indonesia.

“Satu adalah komitmen, Kepala Daerah ini nanti masuk ke program kerja, yang kemudian meramu program tersebut menjadi program pemerintahan, pembangunan, masyarakat. Maka seluruh kepala daerah harus meneguhkan komitmennya guna mensejahterakan masyarakat,” kata Gubernur Aher.

Kata kunci selanjutnya adalah konsisten, yakni apa yang pernah dicapai lalu di kemudian hari harus dipertahankan. Dengan kata lain, suatu prestasi harus jadi tradisi. Menurutnya, diperlukan penyelarasan pembangunan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota.

“Upaya lainnya, yakni mensinkronkan program kerja dengan pemerintah pusat, termasuk juga penyelerasan program Pemda Kabupaten/ Kota dengan Provinsi,” ujar Aher.

Kunci berikutnya yakni pengawasan, karena pembangunan perlu diarahkan kepada program-program yang efektif, tepat sasaran, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), kemudian sesuai pula dengan janji kampanye Kepala Daerah. “Juga efisien, itu adalah biayanya tepat, tidak berlebih, dan juga tidak kurang,” katanya.

Di samping itu, Aher mengakui adanya penurunan prestasi kinerja kota di Jawa Barat, di mana tahun lalu empat kota di Jawa Barat masuk 10 besar. Adapun yang bertahan di 10 besar pada perolehan kali ini adalah Kota Bandung. Aher mengaku bersyukur karena ada Kabupaten Kuningan masuk kategori kepala daerah terbaik yang didasarkan pada hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Menurutnya, penilaian bukan hanya dari Kemendagri saja, tetapi penilaian komprehensif yang mencakup 700 indikator dari semua kementerian/lembaga pemerintah Republik Indonesia, baik secara administratif, pembangunan daerah, ataupun sosial kemasyarakatan. “Ini prestasi bersama, seluruh komponen masyarakat, juga media. Kemudian bersama-sama bekerja, hadirlah prestasi,” kata Aher.

Aher mengungkap, dirinya selalu berupaya menerapkan kepemimpinan yang egaliter. Dimana seorang pemimpin yang egaliter, adalah seorang pemimpin yang mampu mendudukkan diri sebagai kawula, bukan sebagai elit. “Egaliter melekatkan makna bahwa seorang pemimpin itu mampu memposisikan dirinya sebagai bagian dari rakyat kebanyakan,” kata Aher.

Setibanya di Bandung, Gubernur Aher disambut oleh para Kepala OPD, ASN, pelajar serta seluruh lapisan masyarakat Jawa Barat. Aher, yang juga disambut istri, Netty Heryawan, kemudian berpawai dengan kendaraan mobil antik, membawa Piala Parasamya Purnakarya Nugraha, keliling Kota Bandung mengitari Jl. Kebon Kawung- Jl. Pasir Kaliki- Jl. Padjadjaran- Jl. Cihampelas- Jl. Wastukencana- Jl. Riau- Jl. Dago- Jl. Sulanjana- Jl. Diponegoro, dan Finish di Halaman Gedung Sate Bandung.

Sesampainya di Gedung Sate, Gubernur Aher dan istri disambut, dan menaiki sisingaan. Rombongan bergerak ke Masjid Al- Muttaqin Gedung Sate, untuk melakukan Sujud Syukur bersama kepada Allah SWT. “Semoga penghargaan ini jadi keberkahan untuk Jawa Barat,” harapnya.

The post Aher Boyong Parasamya Purnakarya Nugraha appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/04/28/aher-boyong-parasamya-purnakarya-nugraha/feed/ 0 18871
Tinggalkan Rindu, Hanura Jabar Dukung Hasanah http://kilatnews.com/2018/04/27/tinggalkan-rindu-hanura-jabar-dukung-hasanah/ http://kilatnews.com/2018/04/27/tinggalkan-rindu-hanura-jabar-dukung-hasanah/#respond Fri, 27 Apr 2018 09:10:52 +0000 http://kilatnews.com/?p=18864 Kilatnews.com – Partai Hanura Jawa Barat secara resmi mengalihkan dukungan kepada pasangan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan Amanah atau Hasanah. Langkah politik itu diyakini akan memuluskan jalan kemenangan pasangan nomor urut 2 tersebut. “Pengalihan dukungan ini karena visi dan misi yang lebih konkret dari pasangan Hasanah, yang lainnya tidak ada,” ujar Ketua DPD Partai Hanura Jawa Barat […]

The post Tinggalkan Rindu, Hanura Jabar Dukung Hasanah appeared first on Kilatnews.com.

]]>
Kilatnews.com – Partai Hanura Jawa Barat secara resmi mengalihkan dukungan kepada pasangan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan Amanah atau Hasanah. Langkah politik itu diyakini akan memuluskan jalan kemenangan pasangan nomor urut 2 tersebut.

“Pengalihan dukungan ini karena visi dan misi yang lebih konkret dari pasangan Hasanah, yang lainnya tidak ada,” ujar Ketua DPD Partai Hanura Jawa Barat Wisnu Purnomo di Kantor DPD PDIP Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Selasa 24 April 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Partai Hanura secara resmi menyampaikan surat pernyataan dukungan kepada pasangan Hasanah. Surat diterima Ketua Tim Pemenangan Hasanah Abdy Yuhana.

Wisnu mengatakan, sebelum mendukung Hasanah, Partai Hanura menyatakan dukungan terhadap pasangan lain, yaitu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Namun dalam perkembangannya, dukungan partai tersebut dialihkan kepada Hasanah.

Dia menyatakan, pada 2014 silam, Partai Hanura mengantongi sekitar 1,1 juta suara di Jawa Barat dengan 3 kursi DPRD Provinsi Jawa Barat dan 76 kursi DPRD kabupaten/kota di seluruh Jawa Barat. Setelah pengalihan dukungan, struktur partai akan segera bergerak mendukung pemenangan pasangan Hasanah.

Sedianya, pernyataan pengalihan dukungan Partai Hanura akan dideklarasikan juga dalam rapat akbar pasangan Hasanah yang akan digelar awal Mei mendatang.

Abdy Yuhana menuturkan, pengalihan dukungan itu menjadi bentuk kepercayaan. Sebagai tindak lanjut, tim pemenangan akan segera melakukan konsolidasi untuk pemenangan.

“Ini adalah bentuk kepercayaan yang diberikan kepada kami, akan segera kami konsolidasikan,” ujar Abdy.

Dia optimistis, dukungan Partai Hanura akan menjadi tambahan untuk memuluskan jalan kemenangan. Sejauh ini, dia mengatakan, masa kampanye menunjukkan semakin meningkatnya penerimaan masyarakat calon pemilih kepada pasangan Hasanah.

Hal itu sejalan dengan popularitas sekaligus elektabilitasnya. Diyakini, suara keseluruhan yang digalang saat pemilihan nanti bisa bertambah. “Bisa sampai 36 persen,” kata Abdy. (*)

The post Tinggalkan Rindu, Hanura Jabar Dukung Hasanah appeared first on Kilatnews.com.

]]>
http://kilatnews.com/2018/04/27/tinggalkan-rindu-hanura-jabar-dukung-hasanah/feed/ 0 18864